PERMINTAAN, PENAWARAN DAN HARGA

BAB IV 

PERMINTAAN, PENAWARAN DAN HARGA

A. Permintaan

  • Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang diinginkan dan mampu dibeli oleh konsumen pada tingkatan harga dalam jangka waktu tertentu.
  • Hukum permintan :Makin rendah  harga suatu barang, maka makin banyak permintaan terhadap barang tersebut, sebaliknya makin tinggi harga suatu barang maka makin rendah permintaan akan barang tersebut.
  • Daftar permintaan adalah suatu tabel yang memberikan gambaran dalam angka-angka tentang hubungan antara harga dengan jumlah barang yang diminta masyarakat.
  • Kurva permintaan dapat dibuat berdasarkan daftar permintaan, dimana sumbu X merupakan kuantitas (Q), dan sumbu Y merupakan harga (P), maka kurva permintaan merupakan kurva yang menggambarkan hubungan antara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut.
  • Kurva permintaan pada umumnya bersifat menurun dari kiri atas kekanan bawah.
  • Permintaan terhadap suatu barang dapat dilihat dari dua sudut, yakni permintaan yang dilakukan oleh seseorang dan permintaan yang dilakukan oleh semua orang dalam pasar.
  • Faktor yang mendukung perubahan permintaan selain harga adalah:
  1. Harga barang lain (pengganti, pelengkap).
  2. Pendapatan pembeli.
  3. Distribusi pendapatan.
  4. Citarasa masyarakat.
  5. Jumlah penduduk.
  6. Ekspetsi tentang masa depan.

B. Penawaran


  • Penawaran adalah, keinginan penjual dalam menawarkan barang pada berbagai  harga tertentu.
  • Hukum penarwaran:“Makin tinggi harga suatu barang semakin banyak barang yang ditawarkan, sebaliknya semakin harga suatu barang semakin sedikit barang yang ditawarkan.
  • Daftar penawaran merupakan gambaran mengenai jumlah penawaran suatu barang pada berbagai harga dengan sumbu (X) menyatakan kuantiti atau jumlah barang yang ditawarkan (Q), dan sumbu (Y) menyatakan harga (P).
  • Kurva penawaran menaik dari kiri bawah ke kanan atas (berlawanan dengan kurva permintaan).
  • Faktor yang mempengaruhi penawaran :

  1. Harga barang lain.
  2. Biaya untuk memperolah factor produksi.
  3. Tujuan perusahan.
  4. Tingkat teknologi yang digunakan.
  5. Biaya produksi.
  6. Kebijakan pemerintah.
  7. Jumlah penjual.

C. Harga dan keseimbangan Pasar (equilibrium)


  • Harga adalah, nilai suatu barang yang dinyatakan dalam bentuk uang atau sejumlah uang yang ditukarkan dengan sejumlah barang atau jasa.
  • Keseimbangan pasar adalah,  kondisi dimana jumlah barang yang ditawarkan oleh penjual pada suatu tingkat harga tertentu sama dengan jumlah yang diminta para pembeli pada harga tersebut.
  • Harga keseimbangan adalah, harga dimana konsumen maupun produsen sama-sama tidak inngin menambah atau mengurangi jumlah konsumsi atau penjualan.
  • Perubahan keseimbangan terjadi bila ada perubahan pada sisi permintaan atau penawaran, dimana akan terwujud tiga keadaan yakni,

  1. Kelebihan penawaran, jumlah yang ditawarkan oleh penjual melebihi daripada yang diminta oleh pembeli.
  2. Keseimbangan, jumlah yang ditawarkan oleh penjual sama dengan yang diminta oleh pembeli.
  3. Keseimbangan permintaan, jumlah yang ditawarkan melebihi apa yang diminta oleh pembeli.

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget