BAB IV
PERMINTAAN, PENAWARAN DAN HARGA
A. Permintaan
- Permintaan
adalah jumlah barang atau jasa yang diinginkan dan mampu dibeli oleh konsumen
pada tingkatan harga dalam jangka waktu tertentu.
- Hukum
permintan :Makin
rendah harga suatu barang, maka makin
banyak permintaan terhadap barang tersebut, sebaliknya makin tinggi harga suatu
barang maka makin rendah permintaan akan barang tersebut.
- Daftar
permintaan adalah suatu tabel yang memberikan gambaran dalam angka-angka
tentang hubungan antara harga dengan jumlah barang yang diminta masyarakat.
- Kurva
permintaan dapat dibuat berdasarkan daftar permintaan, dimana sumbu X merupakan
kuantitas (Q), dan sumbu Y merupakan harga (P), maka kurva permintaan merupakan
kurva yang menggambarkan hubungan antara harga suatu barang tertentu dengan
jumlah barang tersebut.
- Kurva
permintaan pada umumnya bersifat menurun dari kiri atas kekanan bawah.
- Permintaan
terhadap suatu barang dapat dilihat dari dua sudut, yakni permintaan yang
dilakukan oleh seseorang dan permintaan yang dilakukan oleh semua orang dalam
pasar.
- Faktor
yang mendukung perubahan permintaan selain harga adalah:
- Harga barang lain (pengganti, pelengkap).
- Pendapatan pembeli.
- Distribusi pendapatan.
- Citarasa masyarakat.
- Jumlah penduduk.
- Ekspetsi tentang masa depan.
B. Penawaran
- Penawaran
adalah, keinginan penjual dalam menawarkan barang pada berbagai harga tertentu.
- Hukum
penarwaran:“Makin
tinggi harga suatu barang semakin banyak barang yang ditawarkan, sebaliknya
semakin harga suatu barang semakin sedikit barang yang ditawarkan.
- Daftar
penawaran merupakan gambaran mengenai jumlah penawaran suatu barang pada
berbagai harga dengan sumbu (X) menyatakan kuantiti atau jumlah barang yang
ditawarkan (Q), dan sumbu (Y) menyatakan harga (P).
- Kurva
penawaran menaik dari kiri bawah ke kanan atas (berlawanan dengan kurva
permintaan).
- Faktor
yang mempengaruhi penawaran :
- Harga barang lain.
- Biaya untuk memperolah factor produksi.
- Tujuan perusahan.
- Tingkat teknologi yang digunakan.
- Biaya produksi.
- Kebijakan pemerintah.
- Jumlah penjual.
C. Harga dan keseimbangan Pasar (equilibrium)
- Harga adalah, nilai suatu barang yang
dinyatakan dalam bentuk uang atau sejumlah uang yang ditukarkan dengan sejumlah
barang atau jasa.
- Keseimbangan pasar adalah, kondisi dimana jumlah barang yang ditawarkan
oleh penjual pada suatu tingkat harga tertentu sama dengan jumlah yang diminta
para pembeli pada harga tersebut.
- Harga keseimbangan adalah, harga dimana
konsumen maupun produsen sama-sama tidak inngin menambah atau mengurangi jumlah
konsumsi atau penjualan.
- Perubahan keseimbangan terjadi bila ada
perubahan pada sisi permintaan atau penawaran, dimana akan terwujud tiga
keadaan yakni,
- Kelebihan penawaran, jumlah yang ditawarkan
oleh penjual melebihi daripada yang diminta oleh pembeli.
- Keseimbangan, jumlah yang ditawarkan oleh
penjual sama dengan yang diminta oleh pembeli.
- Keseimbangan permintaan, jumlah yang ditawarkan
melebihi apa yang diminta oleh pembeli.