TIPOLOGI

BAB I.

TIPOLOGI PLATO


Biografi Plato

Lahir di Athena, 428–427 SM, Meninggal  Athena, 348–347 SM (berusia ± 80thn), Kebangsaan Yunani di Era Filsafat kuno dengan Tradisi Platonisme. Minat utama    :  Retorika, seni, literatur, epistemologi, keadilan, kebajikan, politik pendidikan, keluarga, militarism.

Gagasan penting Teori Bentuk atau Teori Ide, Idealisme Platonik, Realisme Platonik, hyperuranion, metaxy, khôra Socrates, Homer, Hesiod, Aristophanes, Aesop, Protagoras, Parmenides, Pythagoras, Heraclitus, Orphism Aristotle, Augustine, Neoplatonism, Cicero, Plutarch, Stoicism, Anselm, Machiavelli, Descartes, Hobbes, Leibniz, Mill, Schopenhauer, Kierkegaard, Nietzsche, Heidegger, Arendt, Gadamer, Imam Khomeini, Russell

Karya-Karya Plato

Plato membedakan tiga bagian jiwa.

  1.      Pikiran   (logos), yang berkdudukan dikepala.
  2.      Kemauan  (thumos), yang berkedudukan di dada.
  3.      Hasrat   (ethumid), yang berkedudukan di perut.
Sehubungan dengan ini ia mengemukakan adanya tiga macam kebajikan ,yaitu :

  •     Kebijaksanaan
  •     Keberanian
  •     Penguasaan diri

Keselarasan  antara  ketiga  kebajikan  itu akan mewujudkan kebenaran   atau keadilan (dikaisune).Atas  dasar dominasi  salah satu di antara ketiga bagian  jiwa  itu,maka manusia  dapat digolongkan menjadi tiga tipe,yaitu:

  •    Orang  yang  terutama  dikuasai oleh pikiran
  •    Orang yang terutama dikuasai kemauan ,dan
  •    Orang yang terutama  dikuasai oleh hasratnya.

Dalam “Negara ideal”nya, plato membagi fungsi masyarakat  dalam  suatu  Negara atas dasar ketiga golongan  di  atas tadi, yaitu:
   -orang  yang  terutama  dikuasai  pikiran  sebaliknya  menjadi  golongan  pemimpin pemerintah
   -orang yang terutama dikuasai oleh kemauan sebaliknya  menjadi golongan tentara  ,dan
   -orang yang terutama  dikuasai oleh hasrat  sebaliknya menjadi  golongan  pekerja tangan.


BAB II. Tipologi  Queyrat

Biografi Queyrat

Queyrat, Frédéric,
Lahir di Perancis (1858-1926)
Buku karangan:
1.      Imajinasi dan varietas pada anak-anak : sebuah studi dalam psikologi eksperimental diterapkan pada pendidikan intelektual / oleh Frederick Queyrat ... / Paris: F. Alcan 1893
2.      Abstraksi dan perannya dalam pendidikan intelektual : studi diterapkan / psikologi oleh Frederick Queyrat / Paris: F. Alcan 1895
3.       Karakter dan pendidikan moral : studi diterapkan / Frédéric Queyrat / psikologi Paris: Felix Alcan 1896
4.       Imajinasi dan varietas pada anak-anak / Frédéric Queyrat / 2nd ed. / Paris: Alcan 1896
5.       Logika pada anak-anak dan budaya : studi psikologi terapan / oleh Frederick Queyrat / Paris: F. Alcan 1902
6.      Imajinasi dan varietas pada anak-anak : sebuah studi dalam psikologi eksperimental diterapkan pada pendidikan intelektual / oleh Frederick Queyrat / Edisi ketiga, revisi / Paris: F. Alcan 1903
7.      Logika pada anak-anak dan budaya: sebuah studi psikologi terapan / Frédéric Queyrat / 2nd ed. Ulasan / Paris: F. Alcan 1903
8.       Permainan Anak [text Dicetak]: studi imajinasi kreatif pada anak-anak / oleh Frederick Queyrat / Paris: F. Alcan 1905
9.       Das Denken und seine Pflege beim Kinde / Leipzig: E. Wunderlich 1907
10.   Abstraksi dan perannya dalam pendidikan intelektual : studi diterapkan / psikologi oleh Frederick Queyrat / 2nd edition, revisi / Paris: F. Alcan 1907
11.  Logika masa kanak-kanak dan budaya. Studi Psikologi Terapan / 3rd ed. Ulasan / Paris: F. Alcan 1907
12.   Curiosity : studi diterapkan / psikologi oleh Frederick Queyrat ... / Paris: F. Alcan 1911
13.   Imajinasi dan varietas pada anak-anak : sebuah studi dalam psikologi eksperimental diterapkan pada pendidikan intelektual / oleh Frederick Queyrat / 5 / Paris: F. Alcan 1914
14.   Emulation dan perannya dalam pendidikan : studi diterapkan / Frédéric Queyrat, psikologi / Paris: F. Alcan 1919
15.   Karakter dan pendidikan moral : studi diterapkan / Frédéric Queyrat psikologi / 5th ed. Ulasan / Paris: F. Alcan, 1920
16.   Permainan Anak : studi imajinasi kreatif pada anak-anak / oleh Frederick Queyrat ... / ed 4, direvisi / Paris F. Alcan, 1920.
17.   Imajinasi dan varietas pada anak-anak : studi diterapkan / psikologi oleh Frederick Queyrat / 6th ed. / Paris: F. Alcan, 1920

Queyrat  berpendapat  bahwa  ada  tiga daya  jiwa, yakni:
   -cognisi  (daya  mengenal)
   -emosi  (daya  merasa  dan  efektif)
   -conasi  (daya meng  menghendaki)

Lalu ia menyusun   tipologinya  atas  dasar  dominasi  dari daya –daya  kejiwaan  itu, salah satu  daya  yang  dominan:
a.       Tipe meditative (intelektual),di mana congnisi yang dominan.
b.      Tipe emosional ,di mana daya efektif yang dominan.
c.       Tipe aktif ,di mana conasi yang dominan.

Daya yang dominan:
a.       tipe meditative-emosional : congnisi dan emosi yang dominan : orangnya sentimental.
b.      tipe aktif-emosional: conasi dan emosi yang dominan : orangnya garang.
      c. tipe aktif-meditatif :conasi dan cognisi yang dominan : orang yang sangat berkemauan.

Tidak ada yang dominan:
·         Tipe seimbang : ketiga daya dalam proporsi yang seimbang atau ketiga daya yang sama.
·         Tipe amorph (tak berbentuk) : ketiga daya sama sama tidak tertentu kekuatannya.
·         Tipe apathis (tak peduli) : ketiga daya sama sama tidak kuat.


























[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget