TIPOLOGI PLATO
Biografi Plato
Lahir di Athena,
428–427 SM, Meninggal Athena, 348–347 SM
(berusia ± 80thn), Kebangsaan Yunani di Era Filsafat
kuno dengan Tradisi Platonisme. Minat utama : Retorika,
seni, literatur, epistemologi, keadilan, kebajikan, politik pendidikan, keluarga, militarism.
Gagasan
penting Teori Bentuk atau Teori Ide, Idealisme Platonik, Realisme Platonik,
hyperuranion, metaxy, khôra Socrates, Homer, Hesiod, Aristophanes,
Aesop, Protagoras, Parmenides, Pythagoras, Heraclitus, Orphism Aristotle, Augustine, Neoplatonism, Cicero,
Plutarch, Stoicism, Anselm, Machiavelli, Descartes, Hobbes, Leibniz, Mill,
Schopenhauer, Kierkegaard, Nietzsche, Heidegger, Arendt, Gadamer, Imam
Khomeini, Russell
Karya-Karya Plato
Plato
membedakan tiga bagian jiwa.
- Pikiran (logos), yang berkdudukan dikepala.
- Kemauan (thumos), yang berkedudukan di dada.
- Hasrat (ethumid), yang berkedudukan di perut.
Sehubungan
dengan ini ia mengemukakan adanya tiga macam kebajikan ,yaitu :
- Kebijaksanaan
- Keberanian
- Penguasaan diri
Keselarasan antara
ketiga kebajikan itu akan mewujudkan kebenaran atau keadilan (dikaisune).Atas dasar dominasi salah satu di antara ketiga bagian jiwa
itu,maka manusia dapat
digolongkan menjadi tiga tipe,yaitu:
- Orang yang terutama dikuasai oleh pikiran
- Orang yang terutama dikuasai kemauan ,dan
- Orang yang terutama dikuasai oleh hasratnya.
Dalam
“Negara ideal”nya, plato membagi fungsi masyarakat dalam
suatu Negara atas dasar ketiga
golongan di atas tadi, yaitu:
-orang
yang terutama dikuasai
pikiran sebaliknya menjadi
golongan pemimpin pemerintah
-orang yang terutama dikuasai oleh kemauan
sebaliknya menjadi golongan tentara ,dan
-orang yang terutama dikuasai oleh hasrat sebaliknya menjadi golongan
pekerja tangan.
BAB II.
Tipologi Queyrat
Biografi Queyrat
Queyrat,
Frédéric,
Lahir
di Perancis (1858-1926)
Buku
karangan:
1.
Imajinasi
dan varietas pada anak-anak : sebuah studi dalam psikologi eksperimental
diterapkan pada pendidikan intelektual / oleh Frederick Queyrat ... / Paris: F.
Alcan 1893
2.
Abstraksi
dan perannya dalam pendidikan intelektual : studi diterapkan / psikologi oleh
Frederick Queyrat / Paris: F. Alcan 1895
3.
Karakter dan pendidikan moral : studi
diterapkan / Frédéric Queyrat / psikologi Paris: Felix Alcan 1896
4.
Imajinasi dan varietas pada anak-anak /
Frédéric Queyrat / 2nd ed. / Paris: Alcan 1896
5.
Logika pada anak-anak dan budaya : studi
psikologi terapan / oleh Frederick Queyrat / Paris: F. Alcan 1902
6.
Imajinasi
dan varietas pada anak-anak : sebuah studi dalam psikologi eksperimental
diterapkan pada pendidikan intelektual / oleh Frederick Queyrat / Edisi ketiga,
revisi / Paris: F. Alcan 1903
7.
Logika
pada anak-anak dan budaya: sebuah studi psikologi terapan / Frédéric Queyrat /
2nd ed. Ulasan / Paris: F. Alcan 1903
8.
Permainan Anak [text Dicetak]: studi imajinasi
kreatif pada anak-anak / oleh Frederick Queyrat / Paris: F. Alcan 1905
9.
Das Denken und seine Pflege beim Kinde /
Leipzig: E. Wunderlich 1907
10.
Abstraksi dan perannya dalam pendidikan
intelektual : studi diterapkan / psikologi oleh Frederick Queyrat / 2nd
edition, revisi / Paris: F. Alcan 1907
11.
Logika
masa kanak-kanak dan budaya. Studi Psikologi Terapan / 3rd ed. Ulasan / Paris:
F. Alcan 1907
12.
Curiosity : studi diterapkan / psikologi oleh
Frederick Queyrat ... / Paris: F. Alcan 1911
13.
Imajinasi dan varietas pada anak-anak : sebuah
studi dalam psikologi eksperimental diterapkan pada pendidikan intelektual /
oleh Frederick Queyrat / 5 / Paris: F. Alcan 1914
14.
Emulation dan perannya dalam pendidikan :
studi diterapkan / Frédéric Queyrat, psikologi / Paris: F. Alcan 1919
15.
Karakter dan pendidikan moral : studi diterapkan
/ Frédéric Queyrat psikologi / 5th ed. Ulasan / Paris: F. Alcan, 1920
16.
Permainan Anak : studi imajinasi kreatif pada
anak-anak / oleh Frederick Queyrat ... / ed 4, direvisi / Paris F. Alcan, 1920.
17.
Imajinasi dan varietas pada anak-anak : studi
diterapkan / psikologi oleh Frederick Queyrat / 6th ed. / Paris: F. Alcan, 1920
Queyrat berpendapat
bahwa ada tiga daya
jiwa, yakni:
-cognisi
(daya mengenal)
-emosi
(daya merasa dan
efektif)
-conasi
(daya meng menghendaki)
Lalu ia menyusun tipologinya
atas dasar dominasi
dari daya –daya kejiwaan itu, salah satu daya
yang dominan:
a.
Tipe
meditative (intelektual),di mana congnisi yang dominan.
b.
Tipe
emosional ,di mana daya efektif yang dominan.
c.
Tipe
aktif ,di mana conasi yang dominan.
Daya
yang dominan:
a.
tipe
meditative-emosional : congnisi dan emosi yang dominan : orangnya sentimental.
b.
tipe
aktif-emosional: conasi dan emosi yang dominan : orangnya garang.
c. tipe aktif-meditatif :conasi dan
cognisi yang dominan : orang yang sangat berkemauan.
Tidak
ada yang dominan:
·
Tipe
seimbang : ketiga daya dalam proporsi yang seimbang atau ketiga daya yang sama.
·
Tipe
amorph (tak berbentuk) : ketiga daya sama sama tidak tertentu kekuatannya.
·
Tipe
apathis (tak peduli) : ketiga daya sama sama tidak kuat.